Di setiap rumah pasti memiliki furniture seperti meja, kursi, lemari dan lain sebagainya. Pada umumnya desain furniture tersebut memiliki desain yang sederhana.  Namun ketika furniture yang anda miliki sudah kropos  atau kusam dan tidak enak untuk dilihat karena faktor peninggalan atau barang yang sudah lama, jangan langsung dibuang dan menggantinya dengan yang baru. Mengapa? Karena selain menghemat uang, furniture tersebut bisa disulap menjadi baru lagi yang cantik dan nyaman untuk di pajang di rumah anda agar suasananya bisa berubah menjadi lebih indah lagi.

Tidak selamanya sebuah furniture harus terus berada disebuah ruangan yang sama sampai bertahun-tahun. Ada sebagian orang yang menghargai furniturenya yang lawas karena bagian dari masa lalu yang memiliki kenangan tersendiri. Contohnya seperti lemari pakaian atau meja rias yang di idamkan oleh seseorang yang awalnya dibeli dari hasil tabungan sendiri atau diberikan oleh suami saat awal setelah menikah. 20 tahun kemudian barang tersebut masih ada namun sudah tidak enak untuk di pandang. Untuk dipajang pun sudah berbeda dengan konsep rumahnya yang sekarang.

Jika kita lihat konsep kebanyakan rumah di zaman sekarang ini sudah mulai berubah ke konsep yang lebih modern dan minimalis. Dari segi desain furniturenya pun juga sudah mulai berubah menjadi minimalis dan modern. Lalu bagaimana cara mempercantik barang lawas tersebut agar sesuai dengan konsep rumah di zaman sekarang ini?

Ada beberapa cara untuk mempercantik  furniture lama seperti lemari pakaian atau meja. Untuk mepercantiknya bisa diberi lapisan dengan menggunakan bahan seperti HPL karena HPL memiliki banyak macam corak atau motif yang modern dan minimalis yang sesuai untuk furniture, seperti HPL Grasmerino, HPL Violam, dan sebagainya yang memiliki kualitas dengan standard terbaik agar furniture tersebut terkesan elegant.

Langkah pertama dalam mempercantik furniture tersebut adalah mepersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan, seperti HPL, Lem kuning, penggaris besi, carter besar dan pensil . Tahap selanjutnya yaitu ukur setiap sisi pada furniture yang akan di lapisi dengan HPL. Terapkan juga hal yang sama pada pelapis atau HPL yang akan di tempel. Kemudian sebelum menempelnya kita harus melihat kondisi pada furniture tersebut apakah ada bagian permukaan yang coak atau tidak. Jika ada segera di dempul kemudian di amplas hingga rata kembali. Selanjutnya oleskan lapisan HPL tersebut dengan menggunakan lem kuning dengan rata. Tunggu hingga 5 menit agar lem bisa merekat kuat dengan furniture. Kemudian tempelkan HPL tersebut mulai dari satu sisi furniture dan sisi lainnya yang akan di tempel. Lakukan dengan perlahan-lahan agar HPL dapat menempel dengan rata sehingga pelapis menempel dengan rapat dan tidak melembung (cacat).

Langkah selanjutnya adalah merapikan bagian-bagian yang perlu dirapikan, seperti pada bagian tepi atau ujung sambungan HPL. Caranya dengan menggunakan amplas, digunakan pada bagian yang tajam. Setelah itu furniture dibersihkan dari sisa-sisa lem yang melekat di permukaan ataupun kotoran-kotoran lain. Setelah semuanya rapi, furniture siap ditempatkan kembali diruangan yang telah disiapkan.